BaFa’ BaFa’ : Memahami intercultural dengan aktivitas menyenangkan

18 Oktober 2016

Hari ini, salah satu kelas yang gw ikuti namanya adalah  “BaFá BaFá Group Exercise”. Pertama denger namanya aneh sih. Apaan tuh BaFá BaFá? Apakah itu pasangannya Ibfu Ibfu? (Bapa atuh itu mah ya).

Dan ternyata BaFa’ BaFa’ adalah sebuah aktivitas untuk mensimulasikan bagaimana dua kelompok yang berbeda kulturnya saling berinteraksi. Jadi tadi peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu alfa dan kelompok dua adalah beta. Gw tadi kebagian Beta.

bafa_logo
http://www.simulationtrainingsystems.com/

Nah terus kedua group itu diletakan di ruangan berbeda. Lalu di masing-masing group, fasilitator menjelaskan rule dari kultur seperti apa yang dimiliki alfa dan beta. Gw yang berada di kelompok beta, pertama-tama tidak tau bagaimana culturenya mereka.

Kulturnya beta, kita adalah trader/pedangan. Kita diberikan kartu dengan berbagai warna berbeda dan kita harus mengumpulkan kartu dengan angka 1-7 untuk setiap warna. Jadi misal gw punya biru, untuk supaya gw dapet point, gw harus melengkapi kartu biru gw dengan melakukan transaksi tukar menukar kartu dengan beta yang lain. Dan kita hanya boleh ngomong dengan bahasa yang ditentukan. Misal kalo kita mau menyebut Blue, kita bisa menyebutnya Ba, Be, Bu, Bo, Bi. Jadi ambil kata depannya lalu lengkapi dengan huruf vokal. Untuk penyebutan angka, kita gunakan nama kita sebagai referensi. Nama gw Sutisna Mulyana, dan ketika menjadi beta nama gw adalah Sa Ma. S dan M diambil dari inisial nama dan a adalah huruf vokal. Kita bisa ganti-ganti huruf vokalnya tapi dalam satu kali mengucapkan vokalnya harus sama. Jadi nama gw bisa aja Se Me atau Si Mi. Nah intinya bahasanya baru dan orang yang ga tau rulenya tidak akan bisa mengerti.

“On stage” adalah tanda kalo game dimulai. Lalu pada round pertama, setiap tim (alfa dan beta) mengirimkan satu orang untuk menjadi observer culture lain (beta observe alfa, vice versa). Game mulai seru ketika round kedua dan ketiga dimulai, karena 3 orang dikirim untuk observasi dan bisa berinteraksi satu sama lain. Serunya adalah dari pertukaran itu kita akan ngerasa bingung.

Untuk memahami lebih lanjut bisa cek video berikut. Karena kalo dijelasin panjang banget. Kita juga bisa beli kit-nya di websitenya mereka, lumayan mahal sih cuma ya masih make sense karena mereka tidak hanya menjual alat-alat yang kita butuhkan untuk menyelenggarakan BaFá BaFá , tapi juga mereka menjual konsep dan ide dari aktivitas tersebut.

bafa697x622-e1386182334675
http://blogs.dickinson.edu/

Inti dari game ini adalah mensimulasikan hal yang bisa saja terjadi ketika kita menghadapi culture yang berbeda dari yang kita miliki. Ada banyak hal yang bisa kita renungi bagaimana kita harus menyikapi perbedaan budaya dan saling menghargai satu sama lain.

Ini pengalaman baru buat gw dan kayanya bakal seru kalo bikin sesi BaFá BaFá di Indonesia, karena kayanya belum banyak yg tau aktivitas ini.

Featured image credit: https://sietarargentina.files.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *