Cuma 3 dokumen ini, saya bisa ke 7 negara bagian Amerika gratis!

Bisa mengunjungi Amerika adalah salah satu bucket list saya. Ga usah dijelasin panjang lebar kali ya, kenapa saya pengen ke sana. Karena banyak orang juga pengen bisa mengunjungi negara super power itu. Buat saya, karena budaya (film, musik) dan teknologi yang sudah merajalela di kehidupan kita.

Sebelumnya saya pasang beberapa gambar tempat tekenal Amerika di kamar. Tapi belum tau kapan dan bagaimana bisa kesana. Eh.. ga nyangka bisa secepet dan semenyenangkan ini. Mungkin ngaruh juga kali ya ketika orang-orang di circle saya sudah pada ke sana semua, jadi doanya makin kuat.

Akhirnya saya bisa ke sana pada 9 Oktober 2016 – 12 November 2016 untuk mengikuti program YSEALI Academic Fellow di University of Connecticut, untuk belajar Social Entrepreneruship & Economic Development. Modalnya cuma submit 3 dokumen ini: Data diri, essay tentang diri sendiri (personal statement)  dan surat rekomendasi. Udah gitu aja! Silahkan cek masing-masing link untuk cek dokumen saya.

Saya masih ga nyangka bisa semulus dan secepet ini. Padahal kan saya ini apa atuh, cuma mahasiswa kelas karyawan dari Sumedang yang perutnya mulai bunci, namun  rajin menabung, ganteng, menawan dan memiliki visi (eh.. jadi keterusan). Menurut asumsi saya, kenapa saya terpilih karena di personal statement, saya menunjukan bahwa saya memiliki visi, mempunyai pengalaman dan melakukan.

Maksudnya memiliki visi adalah saya menyampaikan apa hal yang ingin saya lakukan di hidup saya, apa yang ingin saya kontibusikan untuk lingkungan sekitar dan apa issue yang saya peduli. Kemudian saya sampaikan bahwa saya mempunyai pengalaman dan mulai melakukan apa yang saya ingin lakukan itu. Seperti misalnya, saya tertarik sama Technology, saya tunjukan bahwa education background saya adalah Informatics Management. Saya tertarik di education, saya tunjukan bahwa saya bersama IDCloudHost pernah buat inisiatif Eka Bima. Saya tertarik di entrepreneruship, saya tunjukan bawha saya pernah terlibat di Start Surabaya, Innovative Academy dan sedang menjalankan Leap Up secara full time. Dan semuanya berkesinambungan, juga relevan dengan topik yang saya pilih di program ini, yaitu Social Entrepreneruship & Economic Development.

15122989_10209278682301832_138756889720534178_o
Susana kelas di University of Connecticut. Photo credit: Ming

Thanks to Kibar dan Ko Yansen, yang sudah memberikan banyak sekali kesempatan saya untuk belajar dan berpengalaman di hal yang saya sukai dan ingin lakukan. Mungkin tanpa mencantumkan pengalaman saya selama di Kibar, belum tentu saya bisa ke Amerika.

Nah, jadi saya dapet kesempatan ikut program itu bukan karena saya luar biasa atau cetar membahana. Tapi cukup meyakinkan mereka bahwa saya adalah kandidat yang paling tepat untuk program itu, karena saya (Insha Allah) bisa meneruskan dan menyebarkan apa yang saya pelajari dari program ini.

15156824_10209280183819369_375672752375962512_o
Washington Monument di DC

Nah, kalo kamu tertarik untuk ikut program ini, terus pantengin saja semua channel update nya YSEALI. Dari sekarang mulai persiapkan apa yang dibutuhkan program itu. Karena kadang deadline mereka mepet. Saya aja udah mulai cari-cari informasi programnya 2 tahun lalu.

Good luck!

 

6 Replies to “Cuma 3 dokumen ini, saya bisa ke 7 negara bagian Amerika gratis!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *