Lebih Mengenal Diri dengan MBTI

Man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa Rabbahu” (Siapa yang mengenal jiwa (nafs)-nya, akan mengenal Rabb-nya).

– Al Hadits

Mengenal diri itu sangat penting. Karena dengan mengenali diri, kita akan dengan tepat membawa diri kita ke arah yang tepat. Dan.. tentu saja kita jadi tau juga apa yang kurang dari kita yang bisa diperbaiki. Salah satu tugas yang harus dikerjakan di YSEALI program adalah mengisi survey/inventory untuk personaloty test berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator® (MBTI). Berdasarkan informasi yang gw dapet, MBTI ini salah satu toola yang sering dipake untuk personality test. Dikembangkan sekitar 1940an oleh Isabel Briggs Myers. Sedangkan reseach aslinya selesai di tahun 1940/1950an.

Jadi gw udah isi kan. Pertanyaannya lumayan banyak, ada sekitar 114 kalo ga salah. Nah meskipun yang ditanyakan banyak sebenernya hanya ada 4 kelompok pertanyaan, yaitu sebagai berikut:

1. Favorite world: Apakah kamu lebih cenderung fokus kepada dunia luar atau duniamu sendiri? Jawaban dari pertanyaan ini adalah Extraversion (E) atau Introversion (I).

2. Information: Apakah kamu cenderung fokus pada informasi dasar atau mengintepretasikan dan membuatnya lebih bermakna? Jawaban dari pertanyaan ini adalah Sensing (S) atau Intuition (N).

3. Decisions: Ketika membuat keputusan, apakah kami cenderung terlebih dahulu melihat logika dan konsistensi atau terlebih dahulu melihat orang dan keadaan? Jawaban dari pertanyaan ini adalah Thinking (T) atau Feeling (F).

4. Structure: Dalam menghadapai dunia luar, apakah kamu cenderung langsung membuat keputusan atau cenderung terbuka? Jawaban dari pertanyaan ini adalah Judging (J) or Perceiving (P).

Dari semua pertanyaan yang diajukan dengan 4 kategori berbeda itu, ada 16 tipe personality . Catatan penting yang diinformasikan oleh fasilitator kelas ini adalah bahwa semua tipe itu setara. Karena tujuan dari mengetahui tipe personality adalah untuk memahami dan mengapreasi perbedaan satu sama lain. Jadi tidak ada tipe yang paling baik.

sentinels_logistician_istj_strengths

Nah hasil nya gw adalah: Introversion + Sensing + Thinking + Judging. Terus deskripsinya adalah: Quietly systematic. Factual. Organized. Logical. Detailed. Conscientious. Analytical. Responsible. Pragmatic. Critical. Conservative. Decisive. Stable. Concrete. Efficient. Julukan lain untuk ISTJ ini adalah most responsible (amin!).

Jadi masing-masing dari kita dikasih reportnya gitu dan ada penjelasan panjangnya. Gw ngerasa semuanya hampir bener menjelaskan mengenai personality gw. Katanya ISTJ orangnya loyal terhadap keluarga, teman dan organisasi. Salah satu yang gw juga setuju adalah Jacks-of-all-trades, kadang gw tau beberapa hal tapi ga terlalu tajam di satu hal. Banyak hal lagi bisa dicek di sini.

Kalo lo mau tau tipe lo, lo bisa Googling aja. Banyak yang sediakan testnya gratis ko!

Illustration creadit: https://www.16personalities.com/istj-personality

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *