New York City Trip (Part I)

Ga kerasa udah empat minggu gw di US. Artinya masuk di minggu ke lima, waktunya meninggalkan kampus dan menghabiskan sisa minggu ke lima di beberapa states. Yaitu New York, Philadelphia dan Washington DC. Tulisan ini gw bikin sebagai sharing pengalaman dan mudah-mudahan bermanfaat buat temen-temen yang mau nyusul ke US. Gw bagi tulisannya per state, karena bakal panjang banget since gw mengunjungi banyak hal.

So how was the New York City? Superb! Siapa yang ga tau lah kota yang ga pernah tidur ini. Apalagi gw di New York untuk 3 hari.

 

United Nation Headquarter

img_20161104_152544
Tempat pertama yang dikunjungi adalah kantor pusatnya Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nation (UN). Kantornya terkenal banget dan prestisius untuk bisa berkunjung ke sini. PBB adalah organisasi intergovernment yang dibentuk tahun 1945 setelah World War II untuk mencegah konflik serupa dikemudian hari.

Ada beberapa bagian dari kantor UN yg gw kunjungi. Ada semacam ruang meeting untuk bahas security, economic development dan general assembly (ini yang paling gede dan ikonik). General assembly gede banget, ya ga heran since anggota mereka ada 193 negara sejauh ini. Di kiri kanan, ada meja khusus buat penerjemah. Mejanya ga banyak karena hanya ada 6 bahasa resmi yang digunakan di UN, yaitu Arabic, Chinese, English, French, Russian, dan Spanish.

Fungsi utama UN adalah ngurusin peace keeping, human rights dan economic development. Pas di ruang meeting security, temen gw yang dari Brunei nanya ke tour guide soal bagaimana peran UN dalam konflik Israel dan Palestine. Dan ternyata, resolusi yang diajukan oleh UN untuk konflik ini adalah yang terbanyak. Hampir 50% dari resolusi yang pernah dibuat UN adalah mengenai konflik itu. Tapi ya mungkin konflik itu memang harusnya diselesaikan oleh kedua belah pihak. Panjang ceritanya.. Haha

img_20161104_154544

Salah satu yang bikin gw bangga adalah bahwa Indonesia pernah keluar dari PBB pada tahun 1965 karena Soekarno tidak suka dengan berbagai hal yang terjadi di organisasi ini. Bangga karena Soekarno dengan tegas menjukan prinsipnya. Ya meskipun jadi anggota lagi di tahun depannya.

Oleh-oleh dari kantor ini adalah dapet cap passport dari UN !

 

Omni Berkshire Place & Food
Setelah dari UN, gw mulai checkin ke hotel. Hotelnya Omni Berkshire Place, 4-star hotel yang lokasinya di Midtown, strategis banget karena deket kemana-mana. Harganya 300 USD per malam. What? Gw ga akan pernah nginep di tempat mahal kaya gitu kalo bayar sendiri. Kaya bayar sendiri, gw liat banyak ko yang terjangkau di Airbnb. Cuma karena kali ini dibayarin sama Obama, so enjoy saja!

img_20161104_171520

Nah di New York tuh banyak banget food truck halal. Jadi enak banget, ga pusing nyari-nyari makanan lumayan enak dan halal. Apalagi temen sekamar gw emang lebih strict soal makanan halal. Kalo gw mah karena iman level menenengah, yang penting menghindari babi saja. Food truck halal, lo bisa dapet di harga 7-10 USD. Ada kebab (semacam ayam bakar pake tusuk, kaya sate), rice over lamb/chicken, wrap chicken dan sejenisnya. Makanan dan beli apapun di sini mahal sih karena lo kena pajak 8.8%. Itu pajak masuknya ke New York City dan New York State. Ga heran New York kota paling mehong di US.

 

Museum of Modern Art (MoMA)
Trip selanjutnya adalah ke MoMA. Gw inisiatif ajak semua orang ke sini. Gw tau tempat ini dari Yuna, karena dia pernah kesini, jadi so kayanya tempat yang ga boleh dilewatin. Dan ternyata.. Tempatnya deket banget sama hotel. Dan kebetulan setiap hari jumat free entry disponsori oleh Uniqlo. Makasih Uniqlo, ga salah gw sering beli produk lo.

img_20161104_182307

Karena ini adalah museum modern art, jadi koleksinya ya hasil karya seni yang kita sering liat. Ada koleksi dari Pablo Picaso, Vincent van Gogh etc.

Museumnya lagi crowded banget, jadinya liat-liatnya juga ga pararuguh. Umur museumnya lebih tua dari umur kemerdekaan Indonesia loh. Gila ya! Negara terjajah tuh pasti terbelakangnya jauh, karena mereka yang menjajah selalu bisa heads up dari pada kita.

img_20161104_181821

Kalo lo ke New York, jangan lupa berkunjung ke sini. Museum ini juga masuk 13 daftar museum yang paling banyak dikunjungi di dunia. Cek info lanjutnya di sini.

 

Broadway Show

img_20161104_194613

Salah satu bucket list di hidup gw adalah nonton langsung broadway teater. Akhirnya kesampean juga! Alhamdulillah banget. Meskipun harus bayar mahal banget sekitar 65 USD untuk tempat duduk yang lumayan sangat jauh dari panggung. Dan ini harga termurah. Temen gw beli tiket sehari sebelumnya via online di TodayTix.

Show yang gw tonton adalah Phantom of The Opera. Kita decide nonton itu karena tergiur dengan slognnya “Broadway’s longest running musical”. Cerita nya ternyata diangkat dari novel Gothic seorang penulis Prancis yang mengangkat cerita sebuah Opera House. Well, semuanya classic sih dan sangat Prancis dari dialek dan kostum yang dinenakan. Tapi jadinya pengalaman gw nonton teater double. Nonton opera eropa di Amerika.

img_20161104_194326

Sebenernya gw pengen nonton Lion King, itu juga salah satu show besar dan terkenal. Tapi harganya juga besar. Harga tiket paling murah 100 USD. Mudah-mudahan next time bisa nonton dan sekalian ajak anak-anak gw. Amin

Kenapa gw tertarik sama broadway? Karena pas zaman sekolah sempet terlibat di kegiatan serupa. Dan suatu saat gw pengen terlibat lagi di sebuah teater dengan produksi yang lebih serius dan membawa nilai-nilai yang gw yakini di dalam ceritanya.

Buat yang ke NYC ga nonton broadway sayang sih. Jadi harus nonton!

 

Time Square

Nah karena teater broadway tuh deket sama area Time Square, setelah nonton langsung jalan-jalan ke sekitar situ. Time square tuh semacam satu blok commercial gitu, yang bikin wah karena LED nya tuh super gede-gede dan terang banget. Makanya ga heran banyak julukannya seperti City of the world, Center of the universe dan The Crossroads of the World.

Jadi di sekitar situ tuh ada outlet American Eagle dan di LED nya mereka ada semacam campaign 15 seconds famouse. Yang bakal majang foto lo di LED besar itu. And I did..

Di sebelah nya American Eagle ada toko souvenir yang murah. Tapi jangan heran kalo hampir semuanya made in China. Gw spend 66 USD karena list belanjaan lumayan banyak.

Baca part II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *