New York City Trip (Part II)

Daylight Saving Time

Tanggal 6 November pas di New York kemarin, kebetulan pas lagi ada momen penting, yaitu Daylight Saving Time. Di hari itu ketika 1.59am, normalnya akan masuk jam 2am, tapi waktunya balik lagi jadi jam 1am. Aneh banget! Karena ini fenomena baru buat gw yang seumur hidup tinggal di Indonesia ga ada aturan jam bisa dimundurin gitu.

Jadi, kenapa para ahli perwaktuan menyepakati ada pemunduran jam karena di musim tertentu waktu siangnya berbeda. Ketika akan masuk musim dingin, waktu siangnya jadi berkurang. Ketika musim panas, waktu siangnya menjadi lebih banyak. Mereka akan mengembalikan penambahan waktu itu di 13 Maret. Kesepakatan ini membawa dampak baik. Salah satunya penghematan energi seperti penggunaan lampu di malam hari.

 

Liberty Statue

img_20161105_120758

Tentu tempat ini adalah yang ga boleh dilewatkan. Siapa yang ga tau patung liberty yang selalu menjadi ikon di film-film? Dan yes akhirnya bisa kesini dengan mudahnya karena semua sudah diatur oleh koordinator program.

Karena patung liberty itu berada di sebuah pulau, jadi untuk bisa kesana, kita harus naik semacam ferry. Kayanya ini pertama kalinya gw naik ferry. Sebelumnya pernah sih di Palu, tapi di dalam mobil jadi ga begitu berasa.

img-20161105-wa0071

Di sini ga ada tour atau penjelasan. Jadi agendanya emang hanya foto-foto. Sesuai dengan tradisi anak Indonesia, selain selfie, juga nulis tulisan terus difoto sebagai ucapan doa untuk teman dan kerabat untuk doain bisa nyusul untuk dateng ke New York. Tapi beneran loh itu tuh tradisi Indonesia banget. Negera lain di Asia Tenggara ga ada yang melakukan itu.

 

Ellis Island

Pulau terdekat dengan patung Liberty adalah Ellis Island. Dulu, pulau ini adalah gerbang dimana para imigran datang dari berbagai penjuru dunia. Dan telah menjadi tempat imigrasi yang paling sibuk pada periode 1892 hingga 1954. Sekarang menjadi museum yang mendokumentasikan sejarah itu.

img_20161105_131403

Museumnya ga terlalu besar tapi nice to have since tempat ini dekat dan bisa menggunakan ferry yang sama. Dan akan lewat sini sebelum kembali ke New York City.

 

Grand Central Terminal

img_20161105_203456

Salah satu tempat yang pengen gw datengin adalah Grand Central Terminal, karena bangunannya sangat ikonik. Gw akhirnya request ke koordinator dan kita pergi kesana. Salah satu hal unik yang dilakukan adalah di suatu sudut dimana lo bisa whispering dan di sudut lain orang lain bisa denger lo.

 

Others

Tempat lain yang gw kunjungi adalah Central Park (taman yang super gede banget di tengah kota). Pas kesana pagi,lebih banyak orang yang pake taman untuk ngajak main anjing daripada ngajak main anak.

Gw juga mengunjungi Saint Patrick Catedral karena lokasinya deket banget dari hotel. Dan gw juga pergi ke 9/11 memorial dan museum. Sedih banget sih pas masuk dan liat-liat areanya. Kebayang gimana terguncangnya Amerika waktu itu.

img_20161106_111423

Gw juga mengunjungi High Line dan Chelse Market. Dan sempet foto di sebrangnya kantor Google which is depannya Chelsea Market.

Sayangnya gw ga bisa ke Brookyln Bridge karena terlalu jauh dan ga ke Top of The Rock (untuk foto di roof top) karena terlalu mahal.

Mudah-mudahan trip gw ke New York ini menjadi pengalaman yang bermanfaat buat gw dan apa yang akan gw kontribusikan ke lingkungan. Amin

2 Replies to “New York City Trip (Part II)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *